Friday, March 9, 2018

Tahukah Kamu, Anjing Bisa Menilai Kepribadian Seseorang

Tahukah Kamu, Anjing Bisa Menilai Kepribadian Seseorang


Kamu punya hewan peliharaan? Apakah itu anjing? Bagi para pemilik hewan peliharaan pasti tahu bahwa hewan juga memiliki perasaan laiknya manusia, seperti misalnya ketika anjing ditinggal sendiri di rumah, mereka akan menunjukkan reaksi seperti orang kesepian dan dengan antusias menyambut pemiliknya ketika si pemilik pulang ke rumah.
Tapi ternyata anjing juga mempunyai kemampuan lain yaitu menilai kepribadian manusia. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh James Anderson di Universitas Kyoto, anjing terbukti bisa membedakan kepribadian manusia yang ramah dan yang tidak, dan cenderung untuk memilih manusia dengan kepribadian yang ramah. Penelitian ini dilaksanakan dengan bantuan dua aktor manusia. Kedua aktor tersebut masing masing berperan menjadi aktor yang ramah dan mau menolong orang lain, sedangkan aktor yang lain berperan menjadi aktor yang enggan memberi pertolongan, ketika kedua aktor tersebut menawarkan makanan kepada anjing tersebut, anjing lebih memilih menerima makanan dari aktor pertama yang bersikap ramah dalam eksperimen.
Penelitian ini juga dilakukan kepada kera capuchin, yang juga menunjukkan reaksi sama seperti anjing. Kera capuchin juga memilih menerima makanan dari aktor yang berperan ramah kepada orang lain. Anderson mengemukakakn bahwa hewan mamalia, terutama anjing dan kera, melakukan evaluasi sosial kepada manusia dan sesamanya. Ia mengungkapkan “Jika seseorang bersikap antisosial, orang tersebut menghasilkan semacam reaksi emosional.” Reaksi tersebut kemudian akan diobservasi oleh anjing untuk menentukan apakah sesorang ramah atau tidak.
Di alam liar, proses evaluasi sosial diperlukan kera untuk menentukan anggota kelompok yang bisa diajak bekerjasama. Sedangkan hubungan erat antara manusia dan anjing membuat hewan ini menjadi sensitif dengan perilaku manusia.
Sejak dahulu anjing dianggap sebagai hewan yang ramah dan disebut sahabat manusia, penelitian ini semakin membuktikan bahwa anjing memang layak dianggap sebagai hewan yang setia dan sangat berguna. Nah, kamu punya anjing sebagai hewan peliharaan? Kemungkinan kamu adalah pribadi yang ramah dan gemar menolong orang lain, jangan lupa untuk terus menyayangi hewan peliharaanmu ya!

Hera Mardianti
Disqus Comments