Sunday, March 4, 2018

Atasi gejala rubella

Apa itu Rubella??


Rubella adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus rubella.Virus RNA beruntai tunggal ini hanya menginfeksi manusia.Virus Rubella biasa nya hidup di daerah tropis, subtropis dan pada daerah yang memiliki musim semi.

Siapa yang diserang?

Pada umumnya, virus ini menyerang anak-anak, orang dewasa termasuk ibu hamil.Virus Rubella juga bisa ditularkan oleh ibu ke calon bayinya.Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan tes rubella sebelum hamil.Hal ini untuk menghindari resiko cacat pada bayi di dalam kandungan.

Menular atau tidak?

Virus Rubella dapat menular melalui cairan tubuh seperti keringat , dahak penderita, berbagi makanan dan minuman dengan penderita, dan bisa juga lewat udara.Bila daya tahan tubuh kita lemah maka virus yang masuk akan berkembang biak tapi jika sebaliknya virus itu akan mati.

Gejala

Waspadai jika ada gejala demam , batuk pilek, pusing , mual, lemah, nyeri nyeri pada sendi dan ada bercak merah pada kulit

Bagaimana mencegahnya?

Selalu jagalah Kebersihan dari hal yang terkecil, selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, jaga selalu Kesehatan agar daya tahan tubuh kita selalu kuat, lakukan juga pencegahan dengan imunisasi MMR pada usia 12 bulan - 6 tahun.Biasanya vaksin tahap pertama di berikan pada anak usia 12 - 15 bulan.Vaksin kedua di berikan pada usia 4 - 6 tahun.Untuk wanita usia subur bisa di berikan imunisasi dan baru boleh hamil setelah 3 bulan penyuntikan vaksin.
Vaksin MMR tidak boleh di berikan pada ibu hamil, orang yang mengalami gangguan sistem kekebalan dan penderita kanker yang sedang menjalani pengobatan.

Bagaimana penanganan nya?

Pengobatan nya tidak memerlukan media khusus, dapat dilakukan di rumah, untuk meringankan gejala nya anda dapat melakukan cara yang sederhana seperti minum air putih yang banyak, istirahat yang cukup,minum air hangat bisa dicampur dengan madu dan perasan lemon, dan jangan sembarangan minum obat usahakan selalu konsultasi atau periksa kan diri ke dokter kepercayaan anda.

Semoga bermanfaat
Sehat selalu….
Disqus Comments