Friday, December 8, 2017

Manfaat Kayu Manis

            Kayu manis adalah salah satu jenis rempah-rempah yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat indonesia untuk menambah cita rasa masakan ataupun kue. Rempah ini berbentuk kulit kayu yang mempunyai wangi yang khas. Kayu manis tidak hanya berguna untuk masakan dan kue saja tetapi juga berguna bagi kesehatan. Beberapa jenis jamu juga menggunakan kayu manis, seperti jamu asam urat, gula dll.



            Kayu manis memiliki rasa pedas, sedikit manis dan wangi, kayu manis juga bersifat menghangatkan. Dalam kayu manis mengandung  Atsiri, safrole, sinamaldehide, eugenol, tanin, damar, kalsium oksalat dan zat penyamak.


             Meskipun memiliki nama kayu manis akan tetapi ia tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah, menurut penelitian di Malmo University Hospital di Swedia dengan menambahkan sesendok teh lebih kayu manis ke dalam semangkuk puding akan menurunkan kenaikan kadar gula darah setelah makan pada sebuah kelompok relawan kesehatan.


            Berdasarkan penemuan dr. Joanna Hlebowicz dkk., pada 14 orang relawan kesehatan yang gula darahnya diukur sebelum dan sesudah makan semangkuk bubur beras. Masing- masing relawan diuji setelah makan semangkuk bubur beras dan setelah makan makanan yang mengandung kayu manis. Pasca pengujian darah yang diujikan pada para relawan secara berurutan selama 2 jam, terbukti bahwa kandungan gula darah relawan menurun setelah mengkonsumsi makanan yang mengsndung kayu manis. Menurut Helbowicz dan timnya, salah satu sebab yang memberikan dampak yaitu kayu manis dapat memperlambat laju makanan dari lambung ke usus. Dengan menggunakan ultrasound scans, para peneliti menemukan bahwa pada para relawan, pengosongan lambungnya menjadi lambat setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung kayu manis.
Selain itu, Hlebowicz melakukan kajian kecil yang menemukan bahwa penderita diabetes yang menambahkan kayu manis pada makanannya, selama 40 hari kandungan gula darah dan kolestrolnya cenderung menurun menurun dengan tajam.


            Selain bermanfaat untuk mengatasi diabetes, kayu manis juga bermanfaat untuk mengatasi nyeri lambung karena dingin, meningkatkan nafsu makan, mengobati sakit perut, diare, mual muntah, sariawan, rematik sendi kronis, sakit pinggang, asma  dan batuk.
Cara pengolahanyapun juga mudah anda hanya perlu merebus 6-10gr kayu manis kedalam air 400 cc, sisakan hingga sekitar 100 cc, lalu minumlah, anda juga bisa menyeduh kayu manis yang berbentuk serbuk kedalam air 100 cc minumlah selagi hangat.

          Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi obat herbal seperti kayu manis, jika anda tidak suka dengan bau ataupun rasa dari kayu manis anda bisa membeli kayu manis yang sudah dikapsulkan diapotek terdekat anda. Semoga senantiasa sehat.




Sumber.
Adi Wahyudi.2004. Melawan Penyakit dengan Kayu Manis. Pikiran rakyat
Hendrawan, Yoddy.2007. Keberadaan Kayu Manis Mungkin Sebuah Mukjizat untuk Diabetes. Wikipedia
  • Gambar google

Disqus Comments