Jumat, 01 Desember 2017

Manfaat Buah Tin Terdapat dalam Al-Qur'an

          Buah tin, buah yang berasal dari asia barat ini mempunyai nama ilmiah ficus carika, ada juga yang menyebut buah ini dengan nama buah ara, buah tin juga disebut dalam Al quran dalam surah At – tin ayat 1-2. Berikut firman Allah Swt dalam Al quran mengenai buah tin, 

“ Demi buah tin dan zaitun, demi gunung thursina” At – tin : 1 – 2

Adapun khadist yang menyatakan manfaat buah tin, Abu Darda radhiallahu’anhu meriwayatkan sabda nabi bahwa :

“ Sekiranya kukatakan ada buah – buahan yang turun dari surga maka itulah buah tin. Karena buah – buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karna dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok” dituturkan oleh ibnu Qayyim  dalam Zaadul Ma’aad.



          Dilansir dari california fig-s Advisory nutrition value per 100 g ( 3.502 ) yaitu :
Energi 250 kcal 1040 kj
Karbohidrat 63.87 g
Gula 47.92 g
Serat 9.8 g
Lemak 0.93 g
Protein 3.30 g
Vitamin b1 0.085 mg 7%
Vitamin b2 0.082 mg 5%
Vitamin b3 0.619 mg 4%
Vitamin b5 0.434 mg 9%
Vitamin b6 0.106 mg 8%
Vitamin b9 9 mg 2%
Magnesium 68 mg 18%
Zinc 0.55 mg 6%
Kalsium 162 mg 16%
Fosfor 67 mg 10%
Iron 2.03 mg 16%
Potassium 680 mg 14%
         Karena mengandung banyak vitamin dan mineral, tak heran jika buah tin mempunyai banyak manfaat diantaranya adalah : 
Mengatasi hipertensi dan jantung koroner. Dalam buah tin mengandung banyak mineral alami yang cukup berkhasiat menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah munculnya penyakit jantung koroner.
Mampu mengurangi kadar kolestrol dalam tubuh, buah tin mengandung serat yang mudah larut yaitu pektin, pektin mampu menurunkan kadar kolestrol melalui pembuangan sistem ereksi.
Baik untuk penderita diabetes, serat larut dan karbohidrat yang terdapat dalam buah tin mampu menghambat penyerapan gula berlebih dalam sistem pencernaan.
Mencegah keropos tulang, kalsium dan fosfor yang terkandung dalam buah tin cukup tinggi bahkan melebihi susu.
Mengatasi wasir dan Ambeien, sudah dijelaskan dalam khadist diatas bahwa buah tin mampu mengatasi Ambeien atau Wasir, karna dalam buah tin mengandung senyawa flavonoid cukup tinggi yang mampu mencegah radikal bebas dan peradangan yang menyebabkan wasir semakin parah.
Meluruhkan batu ginjal, buah tin mengandung saponin dan alkaloidyang bersifat diuretik dimana mereka dapat meluruhkan kotoran dan batu pada organ ginjal.
Anti oksidan dan mencegah tumor serta kanker, coumarin dan flavonoidslah yang dapat mencegah tumor dan kanker dan dapat juga sebagai anti oksidan.
Mengurangi sesak napas, bronkrish juga dapat sebagai pengencer dahak yang alami
Dapat menstabilkan tekanan darah
Mengatasi maagh
Menstabilkan nafsu makan, itu karena buah tin mengandung sejumlah hormon yang dapat mengendalikan pencernaan.
         Buah tin sendiri masih jarang ditemui akan tetapi sudah banyak orang yang mulai membudidayakanya. Harga buah tin juga masih tergolong mahal, harganya bisa mencapai 200 ribu/kg bahkan bisa lebih tergantung jenis dan kualitasnya.

          Akan tetapi memakan buah tin secara berlebih juga tidak baik, buah tin mempunyai sifat panas, sifat panas itu akan mengganggu  sistem pencernaan seperti iritasi lambung dan iritasi dinding usus yang memicu terjadinya kegagalan proses pengerasan fases yang menyebabkan diare. Sifat panas pada buah tin juga mengakibatkan perut menjadi kembung, sebah dan terasa penuh. Bagi anda yang mempunyai riwayat alergi terhadap natrium sebaiknya juga berhati-hati, itu dikarenakan buah tin mengandung banyak natrium, jadi sebaiknya anda memakan buah tin secukupnya saja. 
         Daun buah tin dapat juga dibuat teh, bisa direbus secara segar ataupun dikeringkan dulu. Untuk daun yang segar, anda bisa merebus 1 lembar daun tin dengan 2 gelas air hingga mebdidih. Untuk daun yang sudah kering hancurkan terlebih dahulu kemudian ambil 1 sendok teh daun tin dan seduh dengan 1 gelas air mendidih. Segera minumlah selagi hangat karna teh daun tin tidak boleh didiamkan lebih dari 12jam.

        Itulah beberapa manfaat buah tin, buah dari surga. Buah tin tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan jika anda mau membudidayakanya, anda bisa menjual buahnya dan bisa menjadi sumber penghasilan bagi anda.

Disqus Comments