Friday, December 1, 2017

Cara mengatasi flu

Flu merupakan penyakit umum yang diderita siapa saja. Penyakit ini juga sering datang dan pergi sehingga orang yang terkena flu sering kali kerepotan mengobatinya.

Agar flu tidak mengganggu aktifitas yang Anda kerjakan, tentunya Anda harus tau cara mengatasi flu yang Anda derita. Sebab, mengonsumsi obat-obatan juga tidak bisa secara langsung mampu meringankan flu berat.

Flu disebabkan oleh virus yang menyerang akibat daya tahan tubuh kita menurun. Biasanya pada perubahan musim  banyak orang yang terkena flu karena suasana dingin membuat kekebalan tubuh menjadi tidak stabil. 
 Berikut cara mengatasi flu, bahkan batuk dan pilek sekaligus :
1. Sering minum air hangat
Dengan sering minum air hangat ternyata sangat membantu untuk melegakan tenggorokan dan meredakan batuk dan pilek. Cara ini juga dapat meringankan gejala sakit kepala, gatal ditenggorokan dan juga hidung tersumbat yang kerap kali dialami ketika menderita sakit flu dan pilek. Selain itu, minum air hangat dapat membantu mengencerkan lendir dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Ketika anda terserang penyakit flu, batuk dan pilek. Maka sebaiknya hindari minum air dingin atau air es, karena minuman dingin dapat membuat tenggorokan semakin sakit dan membuat tubuh terasa lebih dingin. Sehingga dapat membuat virus semakin kuat dan betah berada di dalam tubuh.

2. Konsumsi sayur dan buah
Ketika tubuh terserang flu yang disertai dengan batuk pilek, maka janga sembarangan mengkonsumsi makanan. Untuk mengobatinya perbanyak makan sayur dan buah yang kaya akan vitamin dan mineral, karena kandungan nutrisi tersebut sangat dibutuhkan tubuh dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan penyakit. Dengan demikian, penyakit flu, batuk dan juga pilek bisa cepat disembuhkan.

3. Istirahat Total
Ketika tubuh terserang flu, maka biasanya tubuh akan terasa lemah dan mudah lelah. Oleh karena itu, tubuh sangat membutuhkan waktu istirahat yang banyak agar tubuh lebih rileks dan berkonsentrasi dalam membasmi virus dan kuman yang menjadi penyebab penyakit flu, batuk dan pilek. Selain itu, dengan istirahat total, maka sistem kekebalan tubuh bisa kembali stabil dan tubuh pun akan kembali bugar seperti semula.

4. Gunakan aroma bawang
Bawang merupakan salah satu bahan bumbu dapur yang juga sangat berkhasiat untuk mengobati penyakit flu dan pilek, cara mengobatinya anda bisa memanfaatkan aroma dari bawang dengan mendekatkan bawah pada lubang hidung dan hirup aromanya. Lakukan cara pengobatan tradisional ini secara rutin sampai gejala flu, batuk dan pilek sembuh.

5. Gunakan uap alami
Dengan sistem penguapan merupakan cara terbaik untuk meringankan gejala flu dan pilek seperti hidung tersumbat yang disertai dengan batuk. Setelah melakukan metode pengobatan ini, maka lendir yang ada di dalam hidung dan saluran nafas akan keluar dengan sendirinya dan penyakit yang diderita pun akan cepat sembuh.

Caranya yaitu :

Didihkan air di dalam panci, lalu tuangkan ke dalam wadah seperti baskom atau ember kecil. Lalu posisikan wajah anda diatas ember atau baskom dengan jarak sekitar 30 cm, kemudian tutup kepala menggunakan handuk. Setelah itu, hirup uap yang keluar air panas dan lakukan cara ini selama 15 menit atau sampai uap habis. Untuk hasil lebih maksimal, anda bisa menambahkan minyak kayu putih agar aromanya bisa meredakan hidung tersumbat. Lakukan cara ini setiap hari sampai sembuh minimal 1 kali sehari.

6. Gunakan aroma menthol atau mint
Dengan menghirup aroma menthol atau aroma mint ternyata sangat ampuh untuk meredakan penyakit flu, batuk dan juga plek. Cara mengobatinya, anda bisa mengkonsumsi atau menghirup aroma dari daun mint. Selain itu, anda juga bisa mengoleskan aroma minyak kayu putih pada bawah hidung, bagian tenggorokan , punggung dan juga dada. Rasa hanya yang dihasilkan akan membantu meredakan gejala dari penyakit flu seperti hidung tersumbat, bersih-bersih dan juga batuk.

7. Ramuan madu dan jahe
Untuk membantu mempercepat proses penyembuhan, anda juga bisa minum ramuan obat tradisional dari campuran madu dan jahe. Meskipun madu memiliki rasa manis, tetapi rasa manis pada madu tidak menyebabkan batuk dan gatal pada tenggorokan. Madu sangat berkhasiat untuk meringankan gejala batuk dan pilek, dengan mencampurkan madu dan jahe dapat mempercepat proses penyembuhan.

Cara membuat ramuannya yaitu : Pertama-tama rebus irisan jahe dengan segelas air sampai mendidih, lalu angkat dan dinginkan. Tambahkan satu sendok makan madu sambil di aduk rata, lalu minum sampai habis selagi hangat. Lakukan pengobatan dengan minum ramuan tersebut 2 kali sehari 1 gelas sampai sembuh.

8. Konsumsi rempah-rempah yang dapat menghangatkan tubuh
Ada banyak sekali rempah-rempah yang memiliki rasa hangat pada tubuh seperti jahe, sereh, kencur dan juga kemangi. Anda bisa membuat ramuan dari rembusan salah satu rempah-rempah tersebut untuk mengobati penyakit flu, batuk dan pilek.

9. Obat dengan campuran jeruk nipis dan kecap
Obat tradisonal dari campuran air perasan jeruk nipis dan kecap memang sudah dipercaya sejak dulu untuk mengobati sakit flu, batuk dan juga pilek. Cara membuatnya, anda cukup memeras 1 buah jeruk nipis, lalu tambahkan 1 sendok teh kecap manis. Aduk rata dan minum, lakukan pengobatan ini sebanyak 2-3 kali sehari sampai sembuh.

10. Minum air jeruk hangat
Air jeruk hangat memiliki banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh, salah satunya dapat meredakan sakit flu, batuk dan pilek. Selain itu, kandungan vitamin C yang sangat tinggi mampu meningkatkan sistem kekenalan tubuh dan mengembalikan stamina tubuh. Jadi. Rutin minum air jeruk hangat setiap pagi dan malam sebelum tidur bisa anda coba lakukan sampai sembuh.

Itulah cara menyembuhkan flu serta batuk dan pilek sekaligus. Semoga bermanfaat bagi kalian semua, dan selalu sehat selalu.

Sumber : http://sehat-natural.com/cara-mengobati-flu-dan-batuk-pilek/
https://www.laksani.com/lima-cara-efektif-mengobati-flu-berat/
Disqus Comments