Monday, December 4, 2017

Cara Mencegah Penuaan Dini

     Penuaan sayangnya adalah sesuatu hal yang tidak bisa kita hindari. Semua orang pasti akan mengalami penuaan secara fisik. Tubuh akan menua seiring usia kita juga. Namun penuaan yang terjadi secara alamiah ini bukannya tidak bisa kita atasi. Sebenarnya, tampak menua atau tidak itu semua tergantung diri kita dan bagaimana kita merawat diri. Kesalahan – kesalahan kecil dalam perawatan diri inilah yang biasanya menyumbangkan hasil kepada penuaan dini.

Anda pasti tahu bahwa dibutuhkan banyak biaya dan usaha untuk membuat seseorang tampak menua dengan anggun dan bergaya. Walaupun begitu, ada beberapa hal mudah yang bisa Anda terapkan dalam kebiasaan sehari – hari untuk mencegah penuaan dini. Sebelum itu, kalian harus tahu terlebih dulu faktor apa saja yang menyebabkan penuaan dini.

Faktor Penyebab Penuaan Dini
Jika Anda tidak ingin mengalami penuaan dini, Anda perlu mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya. Pada umumnya, penuaan dini disebabkan oleh adanya dua faktor yakni faktor internal seperti keturunan, kejiwaan, kesehatan, dan daya tahan.

Untuk faktor internal ini tentunya tidak bisa dihindari karena merupakan proses alamiah pada manusia. Hal tersebut bisa juga dipicu oleh adanya perubahan hormonal dan tingkat stres yang dialami seseorang. Sedangkan untuk faktor yang disebabkan oleh faktor eksternal antara lain meliputi:

Sinar matahari
Sinar matahari merupakan faktor eksternal yang cukup memberikan pengaruh signifikan bagi seseorang yang menderita penuaan dini. Waktu yang paling berbahaya untuk dihindari ialah ketika sinar ultra violet berada pada titik kulminasinya yakni antara jam 10.00-15.00. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tabir surya pada bagian wajah dan bagian tubuh lainnya yang terbuka untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari secara langsung.
Radikal bebas
Radikal bebas merupakan efek dari adanya polusi lingkungan, pemakaian air yang tercampur dengan bahan-bahan kimia, perubahan cuaca yang ekstrem serta faktor lainnya yang bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan kolagen. Radikal bebas merupakan molekul ganas yang menggerogoti sel-sel tubuh termasuk didalamnya jaringan kolagen. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin seperti buah-buahan dan sayuran serta menjalankan diet yang mengandung protein tinggi.
Kelembaban udara
Ternyata penuaan dini disebabkan juga oleh kelembaban udara yang tidak stabil. Cara untuk melindungi kelembaban kulit terutama bagi orang yang hidup di daerah tropis yang terkenal memiliki kelembaban udara tidak stabil ialah dengan cara menggunakan pelembab yang bisa memertahankan kadar air di dalam kulit. Sedangkan untuk melindungi kelembutan kulit, Anda bisa menggunakan pelembab di wajah dan body lotion yang tentunya sesuai dengan jenis kulit Anda. Pilihlah bahan pelembab yang mengandung humektan sebagai pengikat air atau asam alfa-hidroksi A-HA.

Setelah tahu faktor penyebab penuaan dini, sekarang cara untuk mencegah penuaan dini.

1. Minum banyak air

Ketika usia Anda bertambah tua, kulit akan menjadi lebih kering. Anda akan mulai menyadari bahwa kulit Anda menghasilkan sedikit minyak atau tidak seperti sebelumnya. Maka, pastikan bahwa Anda selalu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum banyak air. Hal ini juga membantu untuk membuang racun dari tubuh.

2. Cukup tidur

Ketika kulit mulai mengalami penuaan, bahkan kurang tidur beberapa jam saja bisa menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata Anda. Jadi, jangan pernah lewatkan waktu tidur Anda.

3. Gunakan krim malam

Ketika kita masih muda, kita mungkin tidak menyadari apa manfaat dari memakai krim malam. Tetapi, ketika usia Anda bertambah tua, Anda harus membiasakan diri untuk memakai krim malam setiap hari.

4. Melembapkan

Setelah mandi, Anda harus mengoleskan pelembap pada kulit untuk mencegah penuaan dini. Kekeringan dapat memunculkan lebih banyak keriput di kulit Anda.

5. Rajin membersihkan kulit

Anda dapat menggunakan make-up untuk menutupi noda-noda pada kulit. Namun ingat, Anda harus rajin membersihkan make up sebelum tidur. Kosmetik kimia dapat mempercepat munculnya keriput.

6. Natural

Semakin sering Anda menggunakan bahan-bahan alami pada kulit, semakin sehat kulit Anda. Menggunakan bahan-bahan anti-penuaan alami seperti kunyit, susu dan lidah buaya dapat membuat kulit lebih sehat dan lebih minim efek samping.

7. Makanan kaya anti-oksidan

Apa yang Anda makan juga memainkan peran besar dalam memperlambat penuaan kulit. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti berry, brokoli dan paprika. Mereka dapat membantu membangun kolagen segar di bawah kulit Anda.

8. Menarik ke atas

Sangat penting untuk menerapkan pelembap atau krim dengan gerakan menarik ke atas pada kulit. Jika Anda menarik kulit ke bawah saat mengoleskan krim, itu akan membuat kulit jadi kendur.

9. Hindari kebiasaan tidak sehat

Kebiasaan buruk seperti merokok dan minum kafein dapat mempercepat penuaan. Untuk itu, jalankan gaya hidup sehat untuk tetap awet muda dan segar.

10. Mendetoksifikasi tubuh
Hindari mengonsumsi semua makanan olahan dan kafein. Lakukan detoksifikasi dengan mencampur segelas air lemon dan madu. Minuman ini dapat mengeluarkan racun dari tubuh dan membuat kulit terlihat lebih cerah.

Inilah sepuluh cara paling ampuh untuk mencegah penuaan kulit dini. Selamat mencoba!

Sumber : https://m.merdeka.com/gaya/10-cara-ampuh-mencegah-penuaan-dini.html
https://www.deherba.com/mengetahui-faktor-penyebab-dan-cara-mencegah-penuaan-dini.html
https://klinikkecantikan.co.id/perawatan/kulit/tips-mencegah-penuaan-dini

Disqus Comments