Jumat, 08 Desember 2017

ATASI DEMAM PADA BAYI ANAK DAN DEWASA

     Menurut Wikipedia Demam adalah suatu keadaan saat suhu badan melebihi 37oC yang disebabkan oleh penyakit atau peradangan. Demam juga merupakan pertanda bahwa sel antibodi manusia ( sel darah putih ) sedang melawan suatu virus atau bakteri. Anak yang memiliki suhu tinggi karena suhu tinggi berkepanjangan dapat menyebabkan sawan. Demam yang melebihi 3 hari mungkin merupakan malaria atau penyakit yang disebabkan oleh nyamuk lainnya.Penanganan demam biasanya dengan diberikan obattipire misalnya golongan acetaminopen.

Meskipun terkadang mengkhawatirkan, demam yang tinggi tidak selalu menandakan bahwa Anda menderita suatu penyakit yang serius. Demam yang seringkali dijumpai pada kasus infeksi anak-anak seringkali tidak berbahaya. Malahan, demam merupakan pertanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang berusaha untuk melawan infeksi tersebut.

Demam bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala yang seringkali menyertai penyakit yang dapat sembuh sendiri tanpa memerlukan pengobatan, seperti misalnya flu atau pilek. Maka dari itu, demam akan menghilang dengan sendirinya saat penyakit yang mendasarinya sembuh. Tapi untuk mengobati demam yang lebih parah, beberapa obat-obatan penurun panas bisa dibeli secara bebas di apotek. Baca aturan pakai dan ikuti dosis yang dianjurkan

Golongan Demam

Demam dapat digolongkan ke dalam kategori yang berbeda sesuai dengan lama atau tingkat suhu. Kategori umum demam adalah sebagai berikut:

💠 Hiperpireksia: Bila suhu tubuh mencapai atau melebihi 41,5° C. Kasus tersebut dianggap darurat.
💠 Demam kronis: Bila demam berlangsung selama lebih dari tiga hari atau sering terjadi.
💠 Demam antara (intermitten): Ketika suhu tubuh naik dan turun ke tingkat normal kembali dalam 1-3 hari.
💠 Remiten: digunakan untuk menggambarkan demam yang berulang secara berkala.
💠 Demam Tetap: Menjelaskan demam ringan yang tidak meningkat atau menurun lebih dari satu derajat dalam waktu 24 jam.

Gejala yang menyertai demam tergantung kepada penyebab demam itu sendiri. Berikut ini adalah contoh gejala yang bisa menyertai demam:

💠Sakit kepala
💠Berkeringat dingin
💠Menggigil
💠Dehidrasi
💠Batuk-batuk
💠Sakit tenggorokan
💠Sakit pada telinga
💠Diare dan muntah-muntah
💠Sakit otot
💠Kehilangan selera makan
💠Merasa kelelahan

Pemeriksaan suhu tubuh yang paling tepat adalah menggunakan termometer. Jangan mengandalkan rabaan tangan untuk memastikan demam atau tidak. Demam belum tentu menjadi kondisi yang serius, namun Anda perlu waspada apabila suhu tubuh anda di atas 38 derajat celcius dan Anda mengalami satu atau lebih gejala di bawah ini:

💠Leher terasa kaku dan mata menjadi sangat sensitif terhadap cahaya
💠Muntah-muntah secara terus-menerus
💠Muncul bercak-bercak kemerahan pada kulit
💠Sesak napas
💠Terus-menerus merasa mengantuk
💠Apabila Anda/anak Anda merasa kesakitan
💠Anak tidak mau minum dan jarang buang air kecil.

Segera hubungi dokter atau ke rumah sakit jika Anda mengalami gejala-gejala di atas.

Cara mengatasi demam tinggi di rumah

Ketika seseorang demam, tindakan untuk mengatasinya akan berbeda-beda, tergantung pada golongan usia, seperti dilansir dari MayoClinic

Mengatasi demam tinggi pada bayi dan balita

💠 Bayi 0-3 bulan dengan demam 38 derajat Celcius atau lebih tinggi: Hubungi dokter, bahkan jika anak Anda tidak memiliki gejala atau tanda-tanda lainnya.
💠 Bayi 3-6 bulan dengan demam sampai 38,9 derajat Celcius: Biarkan anak beristirahat dan minum banyak air. Obat tidak diperlukan. Hubungi dokter jika anak Anda terlihat memiliki iritasi yang tidak biasa, lesu, atau merasa tidak nyaman.
💠 Bayi 3-6 bulan dengan demam di atas 38,9 derajat Celcius: Hubungi dokter, ia bisa merekomendasikan tes dan pemeriksaan untuk anak Anda.
💠 Bayi 6-24 bulan dengan demam di atas 38,9 derajat Celcius: Berikan anak Anda acetaminophen. Jika anak Anda berusia 6 bulan atau lebih, memberikan ibuprofen juga tidak apa-apa, tapi baca dulu penggunaannya dengan baik untuk dosis yang tepat. Jangan berikan aspirin pada bayi atau balita. Hubungi dokter jika demam tidak turun setelah diberi obat, atau jika belum turun juga setelah lebih dari 1 hari.

Mengatasi demam tinggi pada anak-anak dan remaja

💠 Anak usia 2-17 tahun dengan demam sampai 38,9 derajat Celcius: Anjurkan anak Anda untuk beristirahat dan minum banyak cairan. Obat tidak diperlukan. Hubungi dokter Anda jika anak Anda terlihat lebih rewel dari biasanya, lesu, atau mengeluh merasa tidak nyaman.
💠 Anak usia 2-17 tahun dengan demam di atas 38,9 derajat Celcius: Jika anak Anda terlihat tidak nyaman, berikan anak Anda acetaminophen atau ibuprofen. Baca label kemasan dengan baik untuk dosis yang tepat, dan hati-hati untuk tidak memberikan anak Anda lebih dari satu obat yang mengandung acetaminophen, seperti beberapa obat batuk dan pilek. Hindari penggunaan aspirin pada anak-anak atau remaja. Hubungi dokter jika demam tidak turun karena obat atau berkepanjangan lebih dari 3 hari.

Mengatasi demam tinggi pada orang dewasa

💠 18 tahun ke atas dengan demam sampai 38,9 derajat Celcius: Istirahat dan minum banyak cairan. Obat tidak diperlukan. Hubungi dokter jika demam disertai dengan sakit kepala berat, leher kaku, sesak nafas, atau tanda-tanda maupun gejala lain yang tidak biasa.
💠 18 tahun ke atas dengan demam di atas 38,9 derajat Celcius: Jika Anda merasa tidak nyaman, gunakan acetaminophen, ibuprofen, atau aspirin. Baca label kemasan dengan baik untuk dosis tepat, dan hati-hati agar tidak menggunakan lebih dari satu obat yang mengandung acetaminophen, seperti obat batuk dan pilek. Hubungi dokter jika demam tidak turun, suhu mencapai 39,4 derajat atau lebih, atau berkepanjangan lebih dari 3 hari.
Segera hubungi dokter bila demam sangat tinggi

Jika demam Anda atau anak Anda mencapai 40 derajat Celcius atau lebih, artinya Anda harus segera menghubungi dokter. Apalagi jika demam tinggi tersebut dibarengi beberapa gejala berikut:

💠Kejang-kejang
💠Kehilangan kesadaran
💠Kebingungan
💠Leher kaku
💠Kesulitan bernapas
💠Nyeri parah di seluruh tubuh
💠Bengkak atau radang di banyak bagian tubuh
💠Vagina berbau tidak enak
💠Sakit saat buang air kecil atau urin baunya tidak enak

Bila anak Anda sedang demam tinggi, hindari membangunkan anak Anda untuk mengecek suhu tubuhnya dengan termometer. Tidur lebih penting baginya agar demamnya cepat turun.

Sumber : https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/mengatasi-demam-tinggi-pada-anak-remaja-dewasa/
http://www.alodokter.com/demam
https://www.docdoc.com/id/info/condition/demam
http://www.alodokter.com/demam
Disqus Comments