Tuesday, November 28, 2017

Mengenal Lebih Tentang Asam Urat


Asam urat adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan dan rasa panas dalam persendian dan sekitarnya. Asam urat sering kali menyerang bagian sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki dan jari kaki. Dimana asam urat sendiri terbentuk dari pemecahan zat purin yang ada disel-sel tubuh. Jika asam urat yang dibuang dari tubuh jauh lebih sedikit dari jumlah produksinya, maka sisanya akan menumpuk disekitar sendi dalam bentuk kristal-kristal tajam natrium urat.


           Kadar normal asam urat pada tubuh manusia adalah :
Perempuan : 2.4 - 6.0 mg/dl
Laki-laki       : 3.0 - 7.0 mg/dl
Anak-anak  : 2.0 - 5.0 mg/dl

       
           Jika kadar asam urat anda melebihi batas normal, sebaiknya anda memulai pengobatan dan menghindari makanan yang menyebabkan kadar asam urat anda naik seperti jeroan, kacang segala jenis kacang dan olahan kacang termasuk juga tempe dan tahu dll, seafoot, bayam, kangkung. Anda juga bisa membeli obat penurun kadar asam urat diapotek seperti allopurinol. Jika anda merasakan nyeri yang tak tertahankan anda bisa meminta obat anti nyeri diapotek, jangan ragu bertanya atau konsultasi kepada apoteker jika dirasa belum mengerti. Sebaiknya anda juga banyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi.



                    Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit asam urat yaitu :

  • Kelebihan berat badan atau obesitas. Obesitas memiliki resiko seseorang terserang penyakit asam urat 4 kali lipatnya, seseorang yang obesitas biasanya mempunyai pola makan yang lebih, pola makan tersebut berakibat pada asupan karbohidrat, protein dan lemak yang melebihi kebutuhan harian tubuh. Kemungkinan besar akan masuk asupan purin yang berlebih yang mengakibatkan resiko terkena asam urat .
  • Sering mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin yang tinggi seperti seafoot, ikan sardens, jeroan termasuk jantung dan hati dan kaldu.
  • Terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol, minuman beralkohol mengandung zat purin yang tinggi dan dapat memicu penimbunan kristal asam urat dipersendian dan sekitarnya.
  • Mimiliki hipertensi, ketika seseorang terserang hipertensi yang diakibatkan volume darah tinggi, disaat yang sama sirkulasi cairan menuju ginjal dalam masalah. Ababila orang tersebut memakan makanan tinggi purin, kemungkinan besar asam urat hasil residu matabolisme purin akan tertahan dalam darah.
  • Memiliki masalah dalam ginjal. Telah kita ketahui bahwa ginjal berperan dalam metabolisme pembuangan zat purin, apabila ginjal dalam masalah maka purin akan menumpuk  menjadi kristal dipersendian.

           Diera moderen ini asam urat tidak hanya terjadi pada orang tua saja, banyak juga anak muda yang terkena penyakit asam urat. Jadi berhati-hatilah jaga makanan dan pola hidup anda dan periksa secara rutin dipuskesmas terdekat anda.

Disqus Comments