Sunday, November 26, 2017

Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh Kita

Menurut Wikipedia Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit. Vitamin ini juga dikenal dengan nama kimia dari bentuk utamanya yaitu asam askorbat.


Vitamin C memiliki berbagai manfaat diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Menjadi obat pencegah penyakit dan melawan sel kanker

Melawan zat kanker merupakan salah satu manfaat utama dari Vitamin C itu sendiri. Vitamin C didaulat sebagai sebuah zat Vitamin yang merupakan racun bagi penyakit kanker tersebut. Vitamin C merupakan Vitamin yang berfungsi meningkatkan daya tubuh manusia, maka sel kanker tidak akan dapat berkembang jika daya tahan tubuh kita terjaga.

2. Memperbaiki jaringan sel kulit

Vitamin C merupakan Vitamin yang mengandung zat antioksidan juga di dalamnya. Zat antioksidan ini sangat dibutuhkan oleh kesehatan kulit manusia pada umumnya. Antioksidan sendiri merupakan zat yang berfungsi untuk menghilangkan atau menangkal zat-zat radikal bebas yang ada pada kulit kita. Radikal bebas sendiri merupakan zat yang timbul karena pancaran sinar matahari secara berlebihan, banyaknya makanan yang mengandung toxin, serta polusi udara. Selain itu juga, Vitamin C dapat membantu menghambat sel-sel yang merupakan menjadi pertanda dari penuaan dan dapat mencegah penuaan dini.

3. Meningkatkan mood

Kekurangan Vitamin C ternyata dapat mengakibatkan ketidakstabilan mood pada seseorang. Pada umumnya jika seseorang memiliki kecenderungan kearah kekurangan Vitamin C maka orang tersebut akan menjadi orang yang mudah khawatir dan cepat gelisah.

4. Menurunkan resiko terjadinya serangan jantung

Vitamin C dapat membantu mencegah terjadinya serangan jantung karena saat kandungan Vitamin C meningkat atau stabil maka pembuluh darah arteri pada jantung tidak akan menebal dengan sendirinya. Pembuluh darah arteri yang menebal inilah yang menjadi penyebab utama dari adanya penyakit serangan jantung.

5. Mencegah naiknya tekanan darah

Mengkonsumsi banyak buah dan sayuran yang mengandung Vitamin C ternyata dapat membantu pengontrolan tekanan darah pada tubuh kita. Dengan adanya tingkat kestabilan dari tekanan darah kita maka resiko penyakit darah tinggi atau hipertensi, darah rendah atau anemia, dan penyakit stroke serta penyakit yang disebabkan oleh ketidakstabilan tekanan darah akan menurun.

6. Meningkatkan kesehatan mata

Siapa bilang hanya Vitamin A saja yang penting untuk kesehatan mata? Vitamin C juga ikut ambil bagian dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin C dapat mencegah terjadinya penyakit mata katarak meningkat, begitu juga dengan penyakit-penyakit mata lainnya, seperti rabun dan tumor mata.

7. Mengurangi komplikasi pilek

Walaupun manfaat vitamin C tidak dapat menyembuhkan pilek, namun beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa vitamin C mampu mencegah pilek menjadi komplikasi yang lebih serius (sumber : webmd). Hal ini dapat membantu mencegah pilek kronis yang dapat menyebabkan infeksi paru paru.

8. Mencegah stroke

Banyak orang yang belum tahu bahwa vitamin C juga berkorelasi sangat positif terhadap  mencegah terjadinya stroke. Penelitian mengungkapkan bahwa orang dengan kandungan vitamin C yang cukup di darahnya dapat menekan 42% lebih rendah terkena serangan stroke (Sumber webmd).

9. Mencegah Penuaan dini

Vitamin C memang sangat penting untuk kulit dan ini sudah sangat populer di dunia kecantikan terutama wanita. Vitamin C sangat penting untuk sel sel di dalam atau di luar tubuh yang dapat membantu mencegah penuaan dini. Dalam riset dari  American Journal of Clinical Nutrition yang kami kutip dari webmd meneliti hubungan antara asupan gizi vitamin C dengan penuaan kulit pada 4.025 wanita berusia 40-74. Hasilnya sangat menakjubkan bahwa mereka memiliki risiko yang lebih rendah terkena keriput, kekeringan pada kulit, dan penuaan kulit yang menjadi momok bagi setiap wanita.

Manfaat Vitamin C Juga dipercaya dapat berfungsi untuk berbagai kesehatan tubuh lainnya seperti :

⚫Mencegah penyakit jantung
⚫Mencegah degenerasi makula
⚫Mengurangi risiko kanker
⚫dan mengurangi risiko penyakit kardio lainnya.

Salah satu sumber vitamin C berasal dari buah-buahan.
Beberapa buah yang  mengandung vitamin C adalah:

1. Jambu biji

Jambu biji merupakan buah yang mengandung vitamin C paling tinggi. Seperti yang telah disebutkan di atas, jambu biji mengandung lebih dari 200 mg vitamin dalam satu buahnya, melebihi kandungan vitamin C yang dimiliki oleh jeruk.

Selain vitamin C, jambu biji juga mengandung banyak serat. Kandungan serat dalam jambu biji ini juga melebihi kandungan serat yang dimiliki oleh jeruk. Anda disarankan untuk memenuhi kebutuhan serat sebesar 25 gram (untuk wanita) sampai 38 gram (untuk pria) dalam sehari.

2. Pepaya

Setengah buah pepaya mengandung kurang lebih 94 mg vitamin C. Jumlah ini sedikit lebih tinggi dibandingkan kandungan vitamin C dalam buah jeruk. Berdasarkan penelitian, konsumsi buah pepaya dapat membantu mencerahkan kulit dan memperkuat tulang Anda. Hal ini bisa terjadi karena kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah pepaya.

Selain vitamin C, buah pepaya juga kaya akan serat, vitamin A, vitamin B kompleks (seperti asam folat, vitamin B6, vitamin B2, dan vitamin B1), kalium, dan kalsium. Karena kandungannya ini, tentu pepaya memberi manfaat bagi tubuh, seperti untuk memperlancar pencernaan (serat), menjaga kesehatan kulit dan mata (vitamin A), membantu metabolisme tubuh (vitamin B kompleks), dan mengontrol tekanan darah (kalium).

3. Kiwi

Kiwi mengandung vitamin C sebanyak 84 gram per satu buah. Kandungan vitamin C dalam buah kiwi juga lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan vitamin C dalam jeruk. Kandungan antioksidan dari vitamin C-nya yang tinggi membuat buah kiwi dapat membantu tubuh melawan infeksi dan radikal bebas dalam tubuh.

Buah kiwi juga mengandung vitamin A, vitamin E, dan vitamin K. Sedangkan, mineral yang terkandung dalam buah kiwi adalah kalium, mangan, zat besi, dan magnesium. Selain itu, buah kiwi juga sebagai sumber makanan yang kaya akan asam lemak omega 3, di mana omega 3 dapat membantu Anda menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Stroberi

Setengah gelas (125 ml) stroberi mengandung 52 mg vitamin C. Sedikit di bawah kandungan vitamin C dalam jeruk, tetapi stroberi tetap mempunyai manfaat banyak bagi tubuh. Selain vitamin C, stroberi juga mengandung antosianin dan asam ellagic. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi stroberi dapat membantu mencegah Anda dari kanker, penuaan, peradangan, dan penyakit saraf.

Buah stroberi kaya akan antioksidan dan juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E, kalium, mangan, fluor, zat besi, dan iodium, yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

5. Nanas

Sebesar 39-49 gram vitamin C terkandung dalam setengah gelas (125 ml) buah nanas. Tidak berbeda jauh dengan kandungan vitamin C yang ada dalam buah stroberi.

Selain vitamin C, buah nanas juga terkenal dengan kandungan bromelain yang ada di dalamnya. Bromelain merupakan enzim pencernaan yang membantu memecah protein dalam makanan dan mengurangi kembung, serta juga dapat bertindak sebagai antiperadangan. Buah nanas juga mengandung vitamin B kompleks dan vitamin A dalam jumlah sedikit.

6. Mangga

Lebih sedikit dari kandungan vitamin C yang ada dalam buah-buahan di atas, kandungan vitamin C dalam buah mangga adalah sebesar 29 mg. Selain sebagai sumber vitamin C, mangga juga sebagai sumber vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, kalium, dan tembaga.  Mangga juga kaya akan serat dan fitonutrien, seperti karotenoid dan polifenol. Senyawa antioksidan polifenol yang terkandung dalam buah mangga terbukti dapat membantu melindungi Anda dari kanker payudara dan kanker usus besar.

Sekian.
Sumber : https://manfaat.co.id/manfaat-vitamin-c
https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/buah-kandungan-tinggi-vitamin-c-selain-jeruk/
Disqus Comments