Friday, November 24, 2017

Cara Meninggikan Badan Melalui Makanan

Manusia dapat bertambah tinggi hingga dia mencapai antara usia 20-25 tahun. Tinggi seorang dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor. seperti pola perkembangan dan pertambahan tinggi badan, kapan mencapai pubertas, penyakit kronis yang mungkin diidap, dan asupan nutrisi. Faktor genetik lah yang paling mempengaruhi tinggi seseorang. Sebenarnya ada beberapa cara memperbaiki tinggi badan seperti memperbaiki postur tubuh anda. Ketika Membungkuk, terutama saat duduk, cenderung membuat posisi tulang belakang menjadi abnormal dan otot menjadi lemah. Kondisi ini dapat membuat Anda tampak lebih pendek dari yang seharusnya. Tegakkan punggung dan tarik pundak ke belakang. Jika harus duduk lama, usahakan untuk berdiri dan bergerak setidaknya tiap 30 menit sekali.

Untuk mendapatkan gambaran postur yang tepat saat berdiri, cobalah berdiri membelakangi dinding dengan kepala dan bokong menyentuh dinding. Postur berdiri yang baik adalah ketika leher Anda berjarak 5 cm dari dinding dan punggung bawah Anda berjarak sekitar 2.5-5 cm dari dinding.



Selain itu, tidurlah di atas tempat tidur yang menyangga tulang punggung dengan baik karena 1/3 dari hidup Anda akan dihabiskan di atas tempat tidur. Jika Anda tidur menyamping, tempatkan bantal di bawah kepala dan di antara dua kaki untuk menjaga agar tulang punggung Anda tetap lurus. Tetapi meninggikan badan bisa dilakukan melalui banyak cara. Nah, cara yang paling simpel dan juga mudah adalah memperhatikan makanan yang akan kita konsumsi. Ternyata, ada beberapa makanan yang akan sangat bermanfaat untuk meninggikan badan jika kita konsumsi secara rutin. Penasaran makanan apa sajakah yang bermanfaat untuk meninggikan badan? Pada ulasan dibawah ini, kamu akan menemukan berbagai macam makanan yang bermanfaat untuk meninggikan badan.

1. Susu
Mungkin kamu sudah sering mendengar saran dari orang lain bahwa susu merupakan minuman yang harus kamu konsumsi jika ingin meninggikan badan. Saran tersebut tidaklah salah, karena memang susu dapat membantumu untuk meninggikan badan. Susu mengandung Vitamin D, kalsium, protein, dan juga berbagai mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulangmu.

Seperti yang kita tahu, kalsium dan protein pada susu akan sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang. Sementara itu, Vitamin D pada susu akan bermanfaat untuk memaksimalkan penyerapan kalsium yang kita dapat dari makanan yang kita konsumsi ke dalam tubuh. Untuk itu, kamu disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 2 gelas susu per harinya.

2. Daging Ayam
Sama seperti susu, daging ayam memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Seperti yang sudah dijelaskan, protein akan sangat bermanfaat untuk memicu pertumbuhan tulang. Jika kamu memiliki tulang yang tumbuh dengan sehat, maka tentu saja tinggi badanmu juga akan meningkat. Para ahli berpendapat bahwa jika kamu ingin meninggikan berat badan, maka kamu setidaknya perlu mengkonsumsi 50 gram daging ayam per harinya.

Yang patut dicatat adalah, akan jauh lebih baik jika kamu mengolah ayam yang akan kamu konsumsi dengan cara direbus atau dipanggang daripada digoreng. Mengolah ayam dengan cara digoreng akan meningkatkan jumlah lemak dan juga kalori dalam ayam tersebut sehingga kamu akan sangat beresiko terkena obesitas di masa depan.

3. Kedelai
Bagi kamu para pecinta makanan yang berbahan dasar kedelai seperti tahu, tempe, atau susu kedelai, maka kamu bisa berbahagia karena ternyata, makanan berbahan dasar kedelai juga bermanfaat untuk meninggikan badan.

Makanan berbahan dasar kedelai memiliki kandungan protein, folate, vitamin, dan juga serat yang cukup tinggi. Nah, kadar protein pada kedelai tentunya mampu memicu pertumbuhan tulang dan juga bermanfaat untuk menambah massa otot di tubuhmu, sehingga tentu saja tinggi badanmu akan bertambah.

Sama dengan ayam, kamu disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya 50 gram kedelai per harinya. Mengingat ada banyak makanan berbahan dasar kedelai di Indonesia, maka rasanya tidaklah sulit untuk mengkonsumsi 50 gram kedelai per harinya.

4. Telur
Jika berbicara tentang kandungan protein pada suatu makanan, maka tentu saja telur merupakan salah satu jenis makanan yang tidak boleh dilewatkan. Telur memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Selain itu, telur juga mengandung kalsium dan Vitamin D yang akan bermanfaat untuk memberikan nutrisi pada tulang dan juga otot.

Karena bagian kuning telur mengandung lemak yang cukup tinggi, maka kamu bisa mengkonsumsi bagian putih telurnya saja. Apalagi, bagian putih telur merupakan bagian dari telur yang memiliki kandungan protein paling banyak. Kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi 2 hingga 4 butir telur per hari agar tinggi badanmu bertambah dengan cepat.

5. Oatmeal
Sama seperti jenis-jenis makanan yang telah disebutkan diatas, oatmeal merupakan sumber karbohidrat yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Seperti yang telah dijelaskan, kandungan protein yang tinggi akan bermanfaat untuk menambah massa otot dan memicu pertumbuhan tulang, sehingga akan membuat tinggi badanmu bertambah.

Selain itu, asam amino yang terkandung dalam oatmeal juga bermanfaat untuk memaksimalkan pertumbuhan tubuh manusia secara keseluruhan, sehingga cukup bermanfaat bagi kamu yang ingin meninggikan badan. Kamu disarankan untuk mengkonsumsi 50 gram oatmeal sebagai sarapan secara rutin setiap harinya agar memperoleh manfaat oatmeal untuk meninggikan badan.

6. Wortel
Walaupun tidak secara langsung, namun mengkonsumsi wortel secara rutin ternyata dapat membantumu untuk meninggikan badan. Seperti yang telah kita ketahui, wortel mengandung Vitamin A yang sangat tinggi. Nah, Vitamin A ini akan sangat bermanfaat untuk membantu penyerapan kalsium dari makanan ke dalam tubuh, sehingga nantinya organ tubuhmu, terutama otot dan tulang, akan mendapatkan manfaat dari kalsium secara maksimal. Jika sudah begitu, tentu saja tinggi badanmu akan cepat bertambah.

7. Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan seperti almond, walnut, atau flaxseeds juga sangat bermanfaat untuk meninggikan badan. Kacang-kacangan mengandung berbagai macam nutrisi dan mineral yang sangat bermanfaat untuk memicu produksi growth hormone atau hormon pertumbuhan di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, growth hormone merupakan jenis hormon yang akan membuat badan kita bertambah tinggi.

Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung asam lemak tak jenuh dan asam amino yang bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan memicu pertumbuhan jaringan-jaringan sel pada tubuh. Oleh karena itu, jangan lupa tambahkan kacang-kacangan ke dalam menu diet sehatmu ya.

8. Pisang
Bagi kamu para pecinta pisang, maka kamu bisa berbahagia karena ternyata buah satu ini dapat membuat badanmu bertambah tinggi, lho. Ya, pisang memiliki kandungan potassium yang sangat tinggi. Nah, berikut beberapa manfaat pisang untuk meninggikan badan:

Pisang memiliki kandungan kalsium yang akan sangat bermanfaat untuk menyokong proses pertumbuhan tulang.
Pisang memiliki kandungan potassium yang sangat bermanfaat untuk memaksimalkan penyerapan kalsium di dalam tubuh.
Pisang mengandung mangan yang cukup tinggi. Nah, mangan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan juga mampu mengoptimalkan proses metabolisme di dalam tubuh kita.
9. Kerang
Salah satu seafood yang cukup mudah ditemui di Indonesia ini juga akan sangat bermanfaat untuk meninggikan badan. Hal ini dikarenakan kerang mengandung protein yang sangat bagus untuk membantu pertumbuhan tulang dan menambah kepadatan tulangmu. Selain itu, berbagai kandungan nutrisi pada kerang juga sangat bermanfaat untuk menunjang kesehatanmu secara keseluruhan, lho. Untuk dapat meninggikan badan, kamu disarankan untuk mengkonsumsi 1200 mg kalsium setiap hari.

10. Sayuran Berdaun Hijau
Sayur-sayuran berdaun hijau seperti brokoli, bayam, okra, dan lobak juga sangat bermanfaat untuk meninggikan badan. Berikut beberapa manfaat sayuran berdaun hijau untukmeninggikan badan:

Brokoli mengandung kalsium yang akan membantu pertumbuhan tulang. Selain itu, kandungan zat besi dan Vitamin C pada brokoli akan memaksimalkan penyerapan kalsium ke dalam tubuh.
Okra juga mengandung protein, karbohidrat, dan juga serat yang akan membantu untuk memaksimalkan pertumbuhan tulang.
Lobak memiliki berbagai macam kandungan nutrisi dan mineral yang faktanya dapat memicu produksi hormon pertumbuhan atau growth hormone dalam tubuh.
Sama seperti lobak, bayam juga memiliki berbagai macam kandungan nutrisi dan mineral yang dapat memicu produksi hormon pertumbuhan.
11. Yogurt
Yogurt akan memberikan manfaat yang sama seperti susu dalam meninggikan badan. Yogurt mengandung protein dan juga kalsium yang sangat tinggi, sehingga akan sangat bermanfaat untuk menyokong pertumbuhan tulang. Selain itu, yogurt juga memiliki Vitamin A, D, B, dan E yang juga akan sangat bermanfaat untuk membantu penyerapan kalsium dan nutrisi dari makanan ke dalam tubuh.

Yogurt juga memiliki kandungan probiotik yang sangat tinggi. Probiotik atau yang biasa disebut sebagai ‘bakteri baik’ akan membantu penyerapan kalisum dari makanan ke dalam tubuh. Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari yogurt dalam meninggikan badan, kamu disarankan untuk mengkonsumsi 2 mangkuk yogurt setiap harinya secara rutin.

12. Aswagandha
Apakah kamu tahu apa itu aswagandha? Aswagandha adalah sejenis ginseng yang berasal dari India. Nah, ternyata aswagandha ini merupakan salah satu sumber herbal yang telah sangat dikenal sebagai peninggi badan yang sangat ampuh karena:

Aswagandha memiliki protein yang sangat tinggi, sehingga akan sangat bermanfaat untuk menyokong pertumbuhan tulang dan menambah kepadatan tulang.
Aswagandha telah dipercaya dapat menstimulus produksi growth hormone atau hormon pertumbuhan, sehingga tinggi badanmu akan bertambah.
Kamu bisa membeli aswagandha di toko-toko obat herbal yang biasanya tersedia dalam bentuk bubuk. Cara mengkonsumsinya pun mudah, cukup campurkan 2 sendok teh bubuk aswagandha ke dalam minuman yang akan kamu konsumsi.

Sumber : https://ohgitu.id/cara-meninggikan-badan/
http://www.alodokter.com/cara-meninggikan-badan-dengan-sehat-dan-alami
Disqus Comments