Monday, November 20, 2017

Cara Menguruskan Badan

    Berat badan dan bentuk tubuh ideal adalah sebuah hal yang diimpikan oleh hampir semua orang. Berbagai macam cara dilakukan agar seseorang dapat memiliki penampilan yang menarik dan indah dipandang. Banyak pula cara yang dilakukan untuk dapat memenuhi dan mendapatkan bentuk tubuh ideal tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan diet atau diet ketat.
                        


      Tidak ada yang namanya pil dan obat pelangsing, tips berikut hanya memerlukan keseriusan kamu saja. Berikut adalah bagaimana cara melakukan diet secara alami dan sehat:

1. Mengatur pikiran untuk kurus (Mindset Diet)
Setelah kamu membuat keputusan untuk menurunkan berat badan, maka kamu harus melakukannya dengan bersungguh-sungguh.

Jangan menunda-nunda untuk melakukannya, lakukan hari ini juga!. Bukannya besok, lusa atau minggu depan. Biasanya kebiasaan menunda-nunda ini yang menjadi masalah. Jika kamu salah seorang yang berpikiran seperti ini, kamu tidak akan kurus jika terus berpikir seperti ini.

Alasan banyak orang diet adalah karena mindset diet kamu terlalu lemah, yang harus kamu pikirkan janganlan “masih ada hari esok”, tetepi bagaimana caranya agar “besok saya bisa kurus”.

Banayk orang yang berkomitmen diet saat ini juga, tetapi 2 hari, 3 hari, atau bahkan seminggu kemudian, mereka lupa dengan komitmen diet mereka sendiri, mereka secara tidak sadar mengingkari janji dengan makan-makanan berkalori seperti soda, burger, atau bahkan secara sadar “saya capek! satu hari saja pengen libur diet”.

Saya katakan, diet kamu tidak akan berhasil jika komitmen kamu lemah!

Masalah lainnya setelah melakukan diet secara susah payah, berat badan kamu turun tidak seberapa, eh tetepi naik lagi. Kok bisa gini?

Saya katakan, ini mungkin sulit kamu terima. Hampir semua aktivitas memang seperti itu, kita bangun dari awal secara susah payah, tetapi satu kesalahan kecil membuat semua berantakan. So, diet juga seperti itu. Saya akan berikan 4 mindset diet yang harus kamu tanamkan.

Jangan salah, bukan berarti kamu mengabaikan diet, tetapi kamu tidak boleh terlalu keras terhadap badan kamu sendiri. Setelah kegiatan diet selesai, sangat alami jika berat badan kamu naik lagi, bahkan jadi lebih berat dari sebelumnya. Jangan panik!

Diet hanyalah kegiatan jangka pendek kamu menurunkan berat badan, masalah sebenarnya ada pada mental, emosi, dan kondisi spiritual.

Ketika kamu memikirkan diet, yang kamu pikirkan adalah kulitnya saja, kamu tidak memikirkan isinya (mental, emosi, dan spiritual). Agar diet berhasil kamu juga harus memiliki mental yang kuat, emosi yang bahagia, dan kondisi spiritual kamu yang tenang.

2. Pahami Lebih dalam tentang Kalori
Tahukah kamu, kalori lebih banyak terbakar saat kamu tidur? Tetapi bukan berarti tidur lebih penting dari olah raga. Artinya, kondisi yang relaks seperti tidur justru lebih bisa membakar kalori daripada kondisi stress.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan kalori?

Kalori adalah satuan untuk mengukur energi. Energi adalah yang kamu perlukan untuk bergerak. Jika diibaratkan energi mobil adalah bensin (membuat mobil bisa bergerak), energi manusia adalah kalori, dan kalori bisa kita dapatkan dari makanan.

So, setiap kamu banyak bergerak, olah raga, bernafas, berpikir, kamu membakar kalori dalam tubuh kamu.

Nah, orang yang agak gemuk adalah orang yang memiliki kelebihan kalori. Mereka lebih banyak menghasilkan kalori daripada membakar kalori.

Pertanyaan selanjutnya, berapa banyak rata-rata kalori yang diperlukan manusia dalam beraktivitas setiap harinya?

Untuk wanita kebanyakan, kalori yang dibutuhkan adalah 2000 kalori per hari, sedangkan laki-laki kebanyakan adalah 2500. Untuk wanita, agar bisa turun 1/2 kg, kalori yang harus dibakar kurang lebih 1500 kalori dengan estimasi waktu selama satu minggu. Sedangkan pria, 2000 kalori.

Sebagai gambaran, kalori yang terdapat dalam nasi goreng adalah sekitar 350 kalori, dan kalori yang terdapat pada burger standar adalah 250 kalori.

Nah, trik untuk kurus itu mudah saja. Gunakan semua kalori yang diperlukan setiap hari. Misalnya, jika kamu memerlukan 1300 kcal per hari, jangan makan 2500 kcal untuk hari itu. Jika kurang dari 1000 kcal, kamu akan merasa lapar dan tidak bertenaga. Cobalah ambil dalam kisaran 1000 – 1300 kcal. Ini sekedar contoh, setiap orang lain kebutuhan kalorinya.

3. Makanlah Sedikit-Sedikit
Kita sudah tahu bahwa yang menyebabkan kegemukan adalah kalori berlebih. Kita juga tahu bahwa untuk mengurangi kalori selain dengan olah raga adalah juga dengan mengurangi asupan makanan.

Lalu, bagaimana jika kita lapar?

Mengurangi kalori dengan cara mengurangi asupan makan akan membuat perut kamu lapar, ini sebabnya banyak orang menyerah dengan aktivitas diet yang mereka lakukan.

Solusinya adalah kita perlu memakan makanan yang rendah kalori tetapi membuat kita merasa kenyang seharian. Atau trik lainnya adalah dengan membuat aktivitas yang bisa membuat lupa bahwa kamu sedang lapar.

Nah, makanan yang rendah kalori tetapi bisa membuat kamu kenyang seharian adalah makanan yang lebih banyak mengandung protein, contohnya adalah kacang-kacangan. Air putih juga bisa membantu.

Trik lainnya adalah jangan makan satu porsi sekaligus setiap harinya, tetapi makanlah sedikit-sedikit. Tipsnya, jika kamu tidak bisa mengurangi porsi makan, makanlah dengan sedikit-sedikit tetapi dengan intensitas yang lebih sering. Hal ini ditujukan untuk menggunakan kalori secara efektif.

4. Hindari Waktu Makan Malam
Jangan makan atau nyemul di malam hari, makanlah 4 – 6 jam sebelum tidur. Karena jika makan dan langsung terus tidur, makanan tersebut nantinya akan ditimbun menjadi lemak.

Waktu yang ideal untuk makan sore adalah sekitar habir maghrib. Karena setelah maghrib kamu masih akan melakukan kegiatan lain.
5. Hindari Makanan dengan Kadar Gula Tinggi
Menghindari gula bukan untuk orang penderita ita kencing manis atau diabetes saja. Menghindari gula sebenarnya penting untuk semua orang. Sebaiknya kamu hilangkan minum minuman kemasan soda, karena diketahui bahwa minuman tersebut memiliki kadar gula yang cukup tinggi.

Dalam kehidupan modern seperti sekarang, yang paling menyebabkan orang kelebihan berat badan justru dari kadar gula tinggi. Komposisi terbesar datang dari minuman yang kita minum sehari-hari.

Minuman itu sangat mudah kita temukan di lingkungan, seperti: soda-sodaan dan jus-jusan. Tidak terlepas juga dari banyaknya jenis minuman coklat, isotonik, dll.
em.

Selain itu juga, minum-minuman yang banyak mengandung gula, tidak membuat kamu merasa kenyang!

Gula memang diperlukan tubuh manusia, tetapi tidak berlebih. Asupan gula yang cukup adalah seperti gula yang terdapat pada buah-buahan. Jika makan-makanan yang mengandung gula berlebih secara terus-terusan, bukan kegemukan saja yang akan kamu dapatkan, tetpai lebih buruk lagi.

Jika kamu tidak bisa meninggalkan kebiasaan ini, akan sulit rasanya untuk menurunkan berat badan.

6. Tukar dengan Makanan Rendah Lemak
Kembali lagi, kamu harus mengetahui tentang kandungan kalori di setiap makanan. Intinya kamu harus makan makanan yang memiliki kalori rendah.

Triknya, kamu bisa menghindari semua makanan yang dimasak dengan cara digoreng, atau makan makanan yang dimasak dengan cara dibakar atau direbus.

Lalu ganti kebiasaan makanan nasi yang banyak atau daging. Sebaiknya ganti porsi tersebut dengan sayuran dan buah.


7. Cara Diet Ketat selanjutnya adalah dengan melakukan olahraga dalam intensitas yang tinggi. Salah satu olahraga yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan melakukan jogging. Dengan melakukan jogging dengan durasi yang cukup panjang beberapa kali dalam seminggu, segala cairan yang ada dalam tubuh dapat keluar dengan lebih cepat. Hal ini tentunya akan menurunkan berat badan dengan cepat. Berlari juga dapat membakar segala jenis lemak yang tertimbun di dalam bagian tubuh. Mendorong batas anda untuk terus melakukan jogging atau lari akan membuahkan hasil yang maksimal.

Berolahraga tidak harus selalu setiap hari, yang kamu perlukan adalah rutin. melakukan hal-hal kecil seperti mengganti kebiasaan naik motor untuk membeli sesuatu yang cukup dekat dengan berjalan kaki juga sudah membantu.

8. Komitmen untuk Kurus
Semuanya tidak akan berhasil jika kamu tidak memiliki komitmen yang kuat untuk kurus, intinya kamu harus memiliki komitmen yang kuat untuk kurus.

Jika kamu ingin lebih disiplin, kamu bisa membayar jasa pelatih Gym untuk membantu diet kamu.

Sumber bacaan : https://www.laksani.com/rahasia-kuruskan-badan-alami/

Disqus Comments