Kamis, 23 November 2017

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Mempunyai gigi yang putih adalah idaman semua orang.Gigi yang putih dan berkilau akan membuat senyum dan penampilan kita lebih menarik. Berdasarkan penelitian dari American Dental Association (ADA) yang melibatkan beberapa responden, 87% diantara mereka menyatakan bahwa mereka merasa senang apabila melihat orang lain tersenyum terutama jika mereka memiliki gigi yang putih.


Mengapa gigi menjadi kuning?

Sebenarnya saat dilahirkan manusia memiliki gigi yang berwarna putih namun lambat laun semakin kita tumbuh, warna gigi bisa berubah dikarenakan banyak faktor.

Warna gigi yang terlihat putih secara biologi merupakan warna dari lapisan transparan enamel gigi, warna lapisan dentin di dalamnya serta warna dari lapisan yang berada di antara enamel dan dentin.


Penelitian menunjukkan bahwa warna gigi bisa berubah dikarenakan oleh noda yang bisa berasal dari luar maupun dari dalam. Berikut ini adalah faktor yang menyebabkan gigi menjadi kuning baik ekstrinsik (faktor luar) maupun intrinsik (faktor dalam):

Faktor ekstrinsik

Faktor luar yang menyebabkan noda pada gigi diantaranya adalah makanan, rokok, dan alkohol. Makanan yang terlalu panas atau dingin bisa merusak warna alami gigi sama halnya dengan kopi, coklat, teh dan makanan lainnya.

Tembakau yang terkandung dalam rokok juga bisa menjadi salah satu penyebab berubahnya warna gigi. Sebenarnya perubahan warna pada gigi yang disebabkan oleh makanan bisa dihindari dengan membersihkan gigi atau menyikat gigi setelah makan.

Faktor instrinsik

Selain faktor yang berasal dari luar, perubahan warna gigi juga bisa disebabkan oleh faktor yang berasal dari dalam, contohnya adalah beberapa jenis obat-obatan tertentu.

Dengan berjalannya waktu, gigi akan membentuk material atau senyawa diantara lapisan enamel dan dentin dan semakin lama senyawa tersebut bisa terakumulasi dalam gigi dan menyebabkan gigi menjadi kuning.

Perubahan warna gigi yang disebabkan oleh faktor intrinsik lebih sulit dihilangkan daripada yang disebabkan oleh faktor luar.

Cara memutihkan gigi secara alami

Meskipun perubahan warna gigi atau gigi kuning sulit dihindari, tetap ada cara untuk mengembalikan warna putih alami gigi. Banyak orang yang menghabiskan uang untuk memutihkan gigi dengan cepat di klinik kesehatan dan kecantikan.

Jika anda memiliki gigi kuning dan tidak punya cukup uang untuk memutihkannya di klinik kesehatan dan kecantikan, cara-cara berikut ini bisa dapat membantu anda:

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami
1. Menyikat Gigi

Menyikat gini secara rutin merupakan cara terbaik untuk menjaga gigi tetap putih bersih. Namun jika gigi sudah terlanjur menguning, diperlukan pasta gigi khusus.

2. Siwak

Siwak sudah sejak lama dikenal sebagai pembersih gigi jauh sebelum adanya pasta gigi. Memakai siwak atau miswak merupakan salah satu cara untuk memutihkan gigi.

3. Kulit Jeruk

kandungan vitamin C yang terkandung yang terkandung pada kulit jeruk dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Cara penggunaannya cukup sederhana, cukup gosokkan kulit jeruk bagian dalam (yang berwarna putih) pada gigi. Lakukan secara teratur setiap hari dan gigi akan menjadi putih secara alami dan cepat.

4. Mengkonsumsi buah dan sayur

Mengkonsumsi buah-buahan dan juga bermanfaat sebagai bahan alami pemutih gigi

5. Baking soda

Baking soda juga dikenal mampu menghilangkan noda-noda yang terdapat pada lapisan gigi

6. Berhenti merokok

Anda seorang perokok? Jika iya, segera berhenti merokok karena kandungan nikotin pada asap rokok dapat menjadikan gigi Anda berwarna kuning

7. Biji pinang

Biji pinang juga menjadi salah satu bahan alami untuk memutihkan gigi. Cara penggunaannya yakni dengan cara membakar biji buah pinang hingga hangus lalu dihaluskan hingga lembut. Biji pinang yang sudah halus tersebut kemudian di gosokkan ke gigi menggunakan sabut pinang atau kain katun.

8. Susu dan yogurt

Kalsium yang terdapat pada susu dan yogurt selain bermanfaat untuk menguatkan gigi juga bermanfaat untuk memutihkan gigi.

Sumber : https://www.manjadda.com/cara-memutihkan-gigi
http://familinia.com/cara-memutihkan-gigi/
Disqus Comments