Rabu, 22 November 2017

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional, bahasa yang di banyak di gunakan oleh banyak negara
 Bahasa Inggris banyak di gunakan dalam berbagai bidang, entah itu bisnis, politik dan lain sebagainya. Kita hidup di era globalisasi dan akan ada banyak sekali kemajuan-kemajuan yang berkembang di negeri ini, salah satunya adalah perdagangan bebas. Nantinya, semakin banyak perusahaan-perusahaan asing yang berdiri di Indonesia dan semakin bebasnya pekerja asing masuk di perusahaan tersebut, membuat persaingan dalam meraih pekerjaan semakin ketat.

Maka, dalam hal ini, selain pengetahuan dan skill mumpuni, penguasaan dalam menggunakan bahasa Inggris selayaknya harus dikembangkan. Kita harus mengakui, bahasa Inggris adalah bahasa tertua dan bahasa yang sering digunakan oleh manusia di dunia.

Penguasaan dalam berbahasa Inggris tentunya membuat kita aman dalam berinteraksi dengan orang baru dari bangsa manapun. Penguasaan dalam berbahasa Inggris pun mempunyai banyak sekali dalam kehidupan sosial dan sama sekali tidak ada kerugian di dalamnya.


Namun, meskipun sudah banyak yang menyadari tentang manfaat-manfaat berbahasa inggris tapi masih saja ada banyak orang yang merasa enggan untuk mempelajari bahasa Inggris. Padahal, untuk mempelajari bahasa Inggris ini tidak terlalu susah jika kita mau benar-benar konsisten belajar dan secara rutin berlatih sedikit demi sedikit. Berikut adalah 10 cara cepat belajar bahasa Inggris.

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

1. Sering Menonton Film Berbahasa Inggris
Cara cepat belajar bahasa inggris yang pertama adalah dengan menonton film. Sudah pasti setiap orang suka menonton film. Hal itu yang seharusnya bisa dimanfaatkan oleh kalian yang ingin bisa pandai berbahasa Inggris. Dengan menonton film, kalian bisa mendapatkan dua hal sekaligus, yaitu refreshing dan juga penambahan kosa kata bahasa Inggris. Selain itu, dengan intensitas waktu kalian mendengarkan percakapan bahasa Inggris di dalam suatu film, secara tidak langsung dapat membuat telinga kalian peka akan kalimat-kalimat yang terucap. Secara langsung, pemahaman akan listening yang menjadi elemen penting dalam berbahasa Inggris terasah.

Semakin sering kalian menonton film berbahasa Inggris, semakin meningkat juga pemahaman kalian akan berbahasa Inggris. Bahkan, jika perlu, tontonlah film berbahasa Inggris yang tidak ada substitlenya. Hal itu akan membuat kalian menerka-nerka sendiri akan arti dari kalimat yang terucap di dalam film. Dampaknya, rasa penasaran pun timbul dan kalian akan mencari tahu sendiri tentang arti dari kalimat tersebut.

Tidak ada yang sia-sia dalam hidup. Cara belajar berbahasa Inggris dengan sering menonton film berbahasa Inggris ini cukup efektif untuk dicoba.

2. Terus Berlatih
Teruslah berlatih, dan jangan sampai patah semangat dan berhenti dengan begitu saja. Yakinkan pada diri anda, bahwa hal ini penting dan berguna untuk diri anda.Untuk memaksimalkan cara cepat belajar bahasa inggris ini, maka di perlukan lah jam terbang, karena jam terbang menentukan kemahiran seseorang. Namun, jam terbang diasah dengan ketekunan. Hal ini berlaku untuk semuanya, termasuk dalam belajar berbahasa Inggris. Berbahasa Inggris adalah suatu kegiatan yang sangat butuh jam terbang. Ada banyak hafalan dan pemahaman dalam berbahasa Inggris. Maka, solusi untuk meningkatkan jam terbang adalah dengan tekun berlatih.

Kalian boleh ketika berkomunkasi dengan teman sesekali menyisipkan kalimat berbahasa Inggris. Hal ini cukup penting karena selain dapat melatih kemampuan speaking, kalian juga akan terlihat keren dimata teman-teman.

Bisa berbahasa Inggris itu keren loh. Jadi, mari berlatih.

3. Hafal dan Pelajari Arti Kata Bahasa Inggris
Bahasa Inggris memiliki banyak kosa kata.

Mungkin, hal itulah yang membuat banyak orang pusing dalam menghafalkannya dan akhirnya malah enggan untuk belajar bahasa Inggris, padahal inilah salah satu cara cepat belajar bahasa inggris.

Segala sesuatu butuh proses dalam pencapainya, termasuk dengan menguasai bahasa Inggris. Ada banyak waktu yang harus dikorbankan untuk benar-benar bisa menguasa bahasa Inggris ini. Maka, buatlah beberapa kata bahasa Inggris beserta artinya disecarik kertas, kemudian tempel kertas tersebut di tempat-tempat yang sering kalian lewati atau kunjungi. Niscaya, waktu untuk menghafal dan mempelajari arti kata bahasa Inggris itu akan muncul dengan sendirinya ketika kalian melewati tempat-tempat tersebut.

Semua butuh proses. Pada akhirnya, siapa yang menanam, dia yang menuai hasilnya.

4. Rajin Membaca
Membaca itu banyak manfaatnya.

Dengan membaca, kalian akan banyak mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru. Selain itu, membaca pun dapat merangsang kinerja otak untuk tetap bekerja dan memperkuat daya ingat. Maka, membaca bisa dikatakan sebagai metode yang paling efektif untuk menjadi salah satu cara cepat belajar bahasa inggris, dan tentu saja dengan membaca kamu dapat memperkaya kosa kata bahasa inggris mu.

Selain memperkaya kosa kata, membaca pun ternyata dapat melatih kemampuan speaking yang kalian punya. Dengan membaca kata demi kata dengan nada yang cukup keras, kalian akan tau bagaimana kosa kata bahasa Inggris diucapkan dengan benar.

5. Mencoba menulis dalam bahasa Inggris
Sama seperti membaca, menulis pun merupakan salah satu cara cepat belajar bahasa inggris.

Dengan menulis, secara tidak langsung otak kalian akan merekam kata demi kata yang tertulis tersebut. Hal itu tentu sangat efektif untuk menambah pengetahuan kosa kata dalam bahasa Inggris. Jadi, sisakan waktu seminggu dua kali untuk menuliskan cerita atau diary menggunakan bahasa Inggris. Dengan begitu, kalian akan tau sejauh mana kemampuan dan pengetahuan kalian akan kosa kata yang ada. Nantinya, perlahan kalian akan penasaran untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris melalui tulisan.

6. Berteman dengan Orang yang jago bahasa Inggris
‘Jika kita berteman dengan tukang minyak wangi, maka kita akan ikut wangi. Namun jika kita berteman dengan tukang minyak, maka kita pun akan ikut bau minyak’

Mungkin pepatah tersebut sudah sering sekali kita dengar.

Ya, pada dasarnya, keterlibatan orang-orang disekitar kita akan mempengaruhi bagaimana kita. Maka, dalam hal ini, untuk belajar berbahasa Inggris kalian pun sangat perlu untuk mencari teman yang juga pandai berbahasa Inggris. Hal itu penting untuk memotivasi kalian dalam mengembangkan pengetahuan berbahasa Inggris.

Setiap manusia mempunyai ego untuk terlihat lebih baik. Hal itu wajar. Jadi, carilah teman yang pandai berbahasa Inggris kemudian bersainglah dengan cara positif untuk memperlihatkan siapa yang lebih pandai berbahasa Inggris.

7. Kursus
Mengikuti kursus adalah bukti nyata bahwa kita ingin bisa bahasa Inggris. Sekarang, sudah ada banyak sekali jasa kursus yang menjanjikan banyak hal kepada konsumennya. Jadi, mengikuti kursus berbahasa Inggris bisa menjadi opsi yang sangat efektif untuk menguasai bahasa Inggris dengan cepat. Selain jadwal pertemuan yang rutin di setiap Minggunya, pengajar atau tentor yang dipilih untuk mengajar pasti juga lulusan terbaik dalam bidangnya.

8. Jadikan Kebiasaan
‘Kita bisa karena terbiasa’

Pepatah legendaris itu pasti tidak asing di telinga kita. Menguasai bahasa Inggris mungkin adalah sesuatu hal yang sulit. Namun, lain cerita jika kalian membuat berbahasa Inggris sebagai kebiasaan.

Ya, pada dasarnya, kalian sulit melakukan sesuatu karena hal itu terasa asing dan bukan menjadi kebiasaan. Namun, jika hal tersebut sudah familiar dan menjadi kebiasaan, ya tidak ada lagi kata sulit yang terucap. Semua seperti mengalir begitu saja.

Jadi, salah satu cara cepat belajar bahasa Inggris adalah dengan menjadikan kegiatan berbahasa Inggris sebagai kebiasaan. Buatlah hari dimana pada hari tersebut mewajibkan kalian menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi.

9. Rajin mendengarkan Lagu Bahasa Inggris
Salah satu cara cepat belajar bahasa inggris yang sama seperti film adalah lagu, semua orang pun pasti suka mendengarkan lagu. Kebanyakan, lagu berbahasa Inggris memiliki kandungan makna yang bagus dan enak di dengar. Hal inilah yang bisa kalian manfaatkan untuk belajar berbahasa Inggris.

Sembari relaksasi diri, kalian bisa mengikuti alunan nada yang mendayu sembari menerka-nerka sendiri lirik tiap lirik yang terlantun. Selain dapat menambah pengetahuan kosa kata bahasa Inggris, hal itu pun dapat melatih kemampuan listening.

Relaksasi terpenuhi, kemampuan berbahasa Inggris pun semakin mumpuni.

Sumber bacaan : https://squline.com/cara-cepat-belajar-bahasa-inggris/
Disqus Comments